Cara Aplikasi Absensi Mengurangi Kecurangan Karyawan

Tiap hari karyawan akan melakukan pekerjaan dan mencatatkan kedatangan saban hari.  Namun, pada kenyataannya, tidak jarang ditemui karyawan yang menggandakan kehadiran melalui berbagai cara. Kecurangan seperti ini mampu mengusik jalannya proses pengelolaan karyawan yang lain mirip penggajian dan evaluasi kinerja. Bahkan, kecurangan dalam absensi karyawan juga mampu kuat besar kepada lingkungan kerja. 

Kecurangan pada ketidakhadiran biasanya terjadi alasannya sistem ketidakhadiran yang tersedia dalam perusahaan tidak mumpuni dan mempunyai celah yang besar untuk terjadinya kecurangan. Contoh metode absensi yang gampang sekali dicurangi yakni mesin mangkir fingerprint dan ketidakhadiran manual. 

Untuk mengatasinya, perusahaan dapat mulai mengimplementasikan aplikasi ketidakhadiran untuk mengoptimalkan pengelolaan kehadiran karyawan serta mengurangi kecurangan. Bagaimana caranya? 

Cara Kerja Aplikasi Absensi untuk Meminimalisir Kecurangan

Tiap hari karyawan akan bekerja dan mencatatkan kehadiran setiap hari Cara Aplikasi Absensi Meminimalisir Kecurangan Karyawan

Aplikasi ketidakhadiran yaitu sebuah aplikasi yang dapat membantu memaksimalkan proses pencatatan kehadiran karyawan hanya melalui satu aplikasi saja. Bagaimana bisa aplikasi ketidakhadiran mampu mengurangi kecurangan karyawan? Rupanya caranya cukup gampang. 

Pertama, karyawan akan mencatatkan kedatangan mereka melalui aplikasi yang ditetapkan perusahaan dan sudah mereka unduh sebelumnya. Karyawan cukup membuka aplikasi, berswafoto, dan mencatatkan ketidakhadiran mereka. Informasi kedatangan karyawan akan masuk ke dalam sistem. 

Kemudian, data kehadiran akan terlihat eksklusif oleh HRD melalui dashboard. Data yang masuk ke dalam metode berlangsung secara real time. HRD akan memilih apakah data yang masuk dirasa cukup valid atau tidak. Kaprikornus, akan terlihat terang karyawan yang datang telat sampai datang lebih permulaan. 

Tidak cuma itu, aplikasi absensi juga punya kelebihan lain yang tidak dimiliki tata cara absensi konvensional. Apa saja keunggulan tersebut?

  1. Mampu memproses dan merekap data kehadiran secara otomatis
  2. Hemat ongkos. HR tidak perlu lagi menyediakan kertas dan mengeluarkan biaya pemeliharaan terencana untuk mesin ketidakhadiran, sebab setiap aplikasi di-install di ponsel karyawan.
  3. Mudah digunakan dan praktis
  4. Fleksibel, karyawan mampu menggunakannya saat sedang work from home atau perjalanan dinas
  5. Terintegrasi dengan tata cara penggajian. Sehingga HR tidak perlu melaksanakan entry data kedatangan tiap bulan penggajian tiba

Cara kerja aplikasi absensi yang sederhana mampu meminimalisir kecurangan yang lazimnya terjadi dalam pencatatan kedatangan karyawan. Dengan begitu, jumlah karyawan “pembangkang” pun mampu  menyusut drastis. Semua data kedatangan yang terhimpun mampu dipastikan validitasnya karena langsung masuk kedalam metode secara real time tanpa campur tangan dari pihak lain.

Muncul pertanyaan dari perusahaan, bagaimana cara mendapatkan aplikasi ketidakhadiran yang sesuai? Solusinya, perusahaan dapat memakai jasa vendor terpercaya untuk menolong implementasi aplikasi absensi. LinovHR yakni pola vendor yang terlatih dalam membantu banyak perusahaan mengimplementasikan aplikasi ketidakhadiran. Alasan LinovHR diandalkan ialah sistem keselamatan dan jaminan kerahasiaan data karyawan. 


Sumber https://www.pakardokumen.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama