Cara Memakai Mendeley Selaku Teknik Menulis Acuan



Cara Menggunakan Mendeley banyak digunakan untuk menulis acuan. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui panduannya. Mungkin kamu salah satunya?





Tidak perlu khawatir, alasannya kami akan mengulasnya secara lebih dalam wacana cara menggunakan mendeley. Sudah tidak tabah? Simak sampai simpulan ya!





  1. Download Mendeley

  2. Membuka Mendeley

  3. Menghubungkan ke Word

  4. Kembali ke Mendeley

  5. Membuat Folder

  6. Drag File

  7. Cek Kelengkapan File pada PDF

  8. Tulis Sitasi Secara Otomatis

  9. Cari Menu View

  10. Menuliskan Jurnal

  11. Cek Lokasi Meletakkan Hasil Download Jurnal

  12. Sisipkan Sitasi

  13. Membuat Daftar Pustaka





Mendeley selaku Teknik Menulis Referensi





Referensi diharapkan ketika melakukan teknik menulis buku. Penulis yang menggunakan referensi akan membandingkan wangsit, gambaran, dan hasil yang sudah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi tulisannya. Biasanya acuan dicantumkan dalam bentuk sitasi atau daftar pustaka.





Saat melakukan teknik menulis, tumpuan yang dicantumkan ditulis secara manual. Penulis akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Padahal hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau referensi yang dicantumkan juga tak sedikit. Kemudian ketidakcermatan ketika mengetik juga bisa berakibat pada kesalahan penulisan rujukan. Untuk mengantisipasi hal ini, penulis mampu memakai cara-cara alternatif biar penulisan referensi, sitasi, atau daftar pustaka mampu lebih mudah, akurat, dan cepat.





Kemudahan menulis tumpuan juga disokong oleh pesatnya perkembangan teknologi. Kini, berbagai vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan acara reference manager. Program tersebut akan memudahkan penulis dalam mencantumkan rujukan. Ada banyak sekali macam software yang dapat dipilih untuk membuat lebih mudah menuliskan tumpuan, salah satunya Mendeley.





Cara memakai mendeley – Bagi dosen pastinya sudah tidak asing lagi dengan mendeley satu ini. Selain membuat lebih mudah dan menguntungkan, mendeley juga mempercepat proses dalam penyusunan daftar tumpuan dalam karya ilmiah. 





Jadi pada peluang kali ini akan membuatkan bagaimana menggunakan mendeley bagi pemula yang ingin memakai aplikasi satu ini. 





Cara Menggunakan Mendeley





Berikut cara memakai mendeley yang perlu Anda ketahui:





1. Download Mendeley 





Tentu saja perlu mendownload apalagi dahulu Mendeley. Caranya cukup sederhana, cuku mendaftarkan email dan password di mendeley di sini. Dibagian kanan atas akan adam pilihan sebagai berikut





cara menggunakan mendeley pertama adalah dengan mendownload mendeley




Anda cukup klik download.





2. Membuka Mendeley 





Setelah terinstal, Anda mampu pribadi membuka mendeley dan akan timbul performa selaku berikut.





cara menggunakan mendeley selanjutnya adalah membuka aplikasinya




3. Install : Menghubungkan Mendeley ke Word 





Langkah selanjutnya adalah menghubungkan mendeley ke Ms. Word dengan cara melakukan install ms Word ke Plugin. sesudah terdownload, langkah selanjutnya kerjakan install. Saya percaya semua banyak yang telah tahu bagaimana cara menginsstal. 





Setelah terpasang dan terintegrasi dengan Ms Word. Barulah mampu digunakan. Ketika kita membuka Word, maka akan timbul di sajian file sebagai berikut.





cara menggunakan mendeley selanjutnya adalah menginstal ke word




Dari gambar di atas, Anda sudah bisa menyaksikan ada pelengkap sajian yang bisa dijadikan sebagai cara memakai mendeley nantinya. 





4. Kembali ke Mendeley





Selanjutnya, Anda diminta untuk kembali ke Mendeley.





5. Membuat Folder





Makara File PDF yang ada dibuatkan folder apalagi dahulu, ini berfungsi untuk mempermudah di proses berikutnya. Untuk membuat folder, mampu dilihat pada gambar berikut





cara menggunakan mendeley selanjutnya adalah membuat folder baru




6. Drag File





Semua file yang telah ada, eksklusif di drag ke aplikasi mendeley. Gambar bisa dilihat sebagai berikut.









7. Cek Kelengkapan File Pada PDF. 





Terkadang, banyak file PDF yang tidak mempunyai identitas lengkap mirip nama penulis, tahun, nama jurnal dsb. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus melaksanakan editing secara manual. Sebaliknya, kalau semua file PDF sudah lengkap, maka Anda mampu eksklusif dan otomatis tersusun





8. Menulis Sitasi Secara Otomatis 





Langkah selanjutnya yaitu membuat sitasi tumpuan secara otomatis. Cara menggunakan mendeley bergotong-royong cukup sederhana. Sebagai berikut. 





9. Cari Menu View 





Setelah Anda menentukan view, maka akan timbul beberapa opsi, mirip gambar di bawah









Nah, anda klik citation style. Bagaimana jikalau tidak ada style?  Beberapa masalah, ada beberapa yang tidak ada style sitasi. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengunduh style di laman zotero





10. Menuliskan Jurnal 





Tahap berikutnya mengetikan jurnal yang dituju. Caranya cukup klik jurnal yang dikehendaki, dan secara otomatis pun jurnal akan terdownload. Setelah itu file yang terdownload lazimnya dalam bentuk CSL dan dapat dipindah ke folder Local Disk C. 





11. Cek Lokasi Meletakan Hasil Jurnal Download 





Sudah disinggung sebelumnya, file yang sudah terdownload dipindah ke localdisk C, lalu pilih program file dan pilih mendeley desktop dan pilih cytation style 1.0





12. Sisipkan Sitasi 





Adapun jika Anda ingin menyisipkan sitasi, cukup masuk ke menu Ms. Word > Refrence > Insert Citation. 





Kemudian ketik Keyword sitasi yang Anda kehendaki. Selanjutnya, Anda mampu klik keyword atau kata kunci sehabis klik oke. 





13. Membuat Daftar Pustaka 





Langkah terakhir membuat daftar pustaka, yaitu dengan klik Reference > Insert Bibiliography. maka akan secara otomatis daftar pustaka akan tersusun sendiri.





Cara-cara di atas mampu digunakan oleh penulis untuk menyertakan sitasi saat dalam proses melakukan teknik menulis. Cara tersebut lebih efektif dilaksanakan sehingga penulis tidak butuhmenulis satu persatu rujukan yang digunakan. Hal ini juga meminimalisasi kesalahan pengetikan dalam pencantuman tumpuan.





Dengan memakai cara tersebut, penulis akan lebih singkat dalam menuntaskan penulisan bukunya. Tidak cuma dipakai untuk melaksanakan teknik menulis, software Mendeley juga mampu digunakan ketika seseorang menulis makalah, jurnal, atau artikel ilmiah. Berbagai tulisan yang memakai daftar pustaka, sitasi, dan kutipan dapat terselesaikan dengan pinjaman Mendeley










Anda punya RENCANA MENULIS BUKU





atau NASKAH SIAP CETAK?





Silakan daftarkan diri Anda selaku penulis di penerbit buku kami.





Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap menolong Anda sampai buku Anda diterbitkan.





Anda TAK PERLU RAGU untuk secepatnya MENDAFTAR.





Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama