Pembatasan Koneksi Internet Di Kantor

Pembatasan Koneksi Internet di Kantor


Bro, pernah gak ngrasain jengkel gara-gara waktu upload attachment email ke client gagal terus gara-gara internet lemot? Padahal kantor telah langganan internet unlimited yang bandwidth-nya gede. Selidik punya selidik, di kantor ada yang kegemaran download film bajakan sama nonton video streaming. Boro-boro buat kerja, eh malah dipakai buat kesenangan sendiri tanpa peduli dengan kepentingan orang lain.Saya rasa peristiwa mirip ini umum terjadi pada kantor-kantor yang koneksi internetnya tidak dibatasi. Itu juga yang terjadi pada kantor aku juga beberapa waktu kemudian, namun kini sudah agak mendingan karena kantor aku memakai mikrotik untuk membatasi situs yang dibuka. Buat apa sih koneksi internet di kantor mesti diatur?


1. Koneksi internet di kantor bertujuan untuk mendukung pekerjaan, jadi dikala jam kerja seharusnya dilaksanakan pengaturan agak pekerjaan tidak terganggu. Tentu pembatasan ini akan berlainan-beda untuk tiap-tiap kantor.


2. Agar koneksi internet tidak dimonopoli oleh beberapa orang saja. Maksud saya begini, pernah kan ngrasain internet lemot gara-gara sobat kita sekantor sedang download film, nah dikala itulah beliau memonopoli bandwidth. Siapa yang dapat jatah duluan, yang belakangan gak kebagian.


3. Mengamankan data. Bagi perusahaan data adalah semuanya, oleh karena itu perlu dijaga. Jika semua situs diijinkan dibuka, bisa jadi pegawai di kantor mengakses situs-situs p*rno, ke*gen, software bajakan, dan crack yang kemungkinan mengandung virus. Nah, jika virus sukses menginfeksi satu buah komputer di kantor, ada kemungkinan ia akan menyebar melalui jaringan di kantor. Ini membahayakan data kantor.


4. Menghindari penyalagunaan internet. Anda mungkin tidak akan tahu kalau ternyata salah satu pegawai di kantor Anda adalah seorang cracker, dia melakukan perbuatan ilegal menggunakan internet kantor. Ujung-ujungnya kantor juga yang repot ketika nanti bermasalah dengan pihak berwajib.


5. Social media boleh, tapi…   Jika Anda seorang atasan pasti akan jengkel menyaksikan anak buah Anda setiap waktu sibuk fesbukan dan twitteran, sementara itu pekerjaan menumpuk. Jadi, biar jam kerja betul-betul digunkan untuk melakukan pekerjaan , perlu juga dijalankan pembatasan URL seperti facebook, twitter, myspace, youtube, dsb.


Itulah beberapa alasan umum mengapa internet di kantor perlu dibatasi. Lantas apa bentuk pembatasan-pembatasan internet di kantor? Simak kelanjutannya.


1. Pembatasan URL / keyword.


Sebenarnya ada beberapa internet provider yang sudah membatasi situs-situs tertentu agak tidak bisa diakses, tetapi tetap saja ada banyak situs-situs p*rno yang lolos. Oleh sebab itu kantor mesti proaktif membuat list situs yang berbahaya dan perlu dijalankan pembatasan. Selajutnya daftar situs tersebut dimasukkan dalam rule firewall dalam Mikrotik. Jika memang kita sulit melacak alamat URL nya, kita mampu memakai keyword, misal “tube”, maka semua URL yang terdapat kata “tube” akan terblokir.


2. Pembatasan ukuran file yang didownload.


Pembatasan ukuran file akan menangkal orang untuk mendownload film yang biasanya berskala besar. Namun kelemahannya kita akan kesulitan manakala ada email masuk dan attachmenya berukuran besar.


3. Pembatasan jenis file yang didownload.


Cara ini umumnya untuk menghalangi download tipe file tertentu. Misalnya dikelola blok untuk file berekstensi .rar. Namun cara ini kadang kecolongan juga karena file yang hendak didownload di rename terlebih dulu.


4. Pembatasan speed download dan upload / bandwidth.


Dengan pembatasan speed, maka video streaming akan menjadi lambat dan pada balasannya ditinggalkan sebab lama.


5. Pembatasan waktu penggunaan internet.


Dengan pembatasan ini, internet cuma dapat diakses pada jam-jam tertentu.


6. Pembatasan komputer yang dapat terhubung dengan internet.


Jika memang dirasa suatu komputer tidak butuhterkoneksi dengan internet, maka koneksi internet untuk komputer tersebut dapat diputus.


Demikianlah beberapa tips pembatasan internet di kantor, semua ini bertujuan untuk keselamatan data, efektifitas, dan efisiensi. Selamat bekerja..


* Jika ada yang akan nambahi, mampu disampaikan melalui komentar di bawah ini. Terima kasih.



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama