Jika kita punya banyak data untuk membuat laporan, acap kali beberapa data berbentuk tidak sesuai dengan apa dibutuhkan atasan kita. Misalnya kita punya 1980 data dari pola tabel di bawah ini
Ternyata data yang melimpah malah menciptakan mata panas dan pusing menyaksikan angka yang harus diubah formatnya satu persatu. Program pengolah data sekelas Excel telah menyediakan akomodasi mengganti data baris menjadi kolom atau kolom menjadi baris secara otomatis yang diberi nama transpose. Untuk mengaktifkan fungsi transpose dalam excel, kita memakai rumus =TRANSPOSE().
Tidak banyak pengguna yang sudah pernah menggunakan kemudahan ini, alasannya adalah tingkat kesulitannya kalo dikasih bintang, dapet bintang 3 deh. Untuk rumus-rumus biasa seperti =IF(), =AND() atau =VLOOKUP(), kita hanya tinggal memasukkan rumus dan data yang mau di eksekusi oleh excel setelah menekan ENTER. Sedangkan untuk penggunaan rumus =TRANSPOSE() sesudah memasukkan data yang dikehendaki untuk mengeksekusinya harus melaksanakan seleksi / blocking sesuai jumlah kolom/row lalu menggunakan kombinasi 3tombol yakni CTRL+SHIFT+ENTER.
Untuk lebih jelasnya lihat praktek di bawah ini.
- Langkah 1 : Sorot kolom A1 sampai A9 selaku tempat dimana data yang ingin dirubah orientasinya ditampilkan;
- Langkah 2 : Lakukan seleksi sejumlah data yang tersedia pada baris A pada kolom dimana data akan disalin;
- Langkah 3 : Masukkan rumus =TRANSPOSE(A1:A9). kolom (B1:H1) ialah data yang ingin dirubah orientasinya.
- Langkah 4 : Untuk mengeksekusi rumus tekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ENTER. Untuk melihat fungsinya berhasil, cek formula kafetaria. Indikatornya ada tanda “[” di depan rumus dan tanda “]” di akhir rumus dan… jadi deh (^_^)
Sumber mesti di isi