Foreign Direct Investment (FDI) adalah suatu investasi aneh eksklusif atau mampu disebut dengan penanaman modal asing. Hal ini dilaksanakan oleh penanam modal dari sebuah negara yang memberikan modal untuk bisnis di negara lain dengan jangka waktu yang panjang.
Di dalam foreign direct investment, terdapat inward dan outward. Yang dimaksud dengan inward yaitu suatu investasi dari luar negeri ke dalam negeri. Sedangkan outward adalah sebuah investasi dari dalam negeri ke luar negeri.
Manfaat Foreign Direct Investment
- FDI menjadi jalan baik bagi ekonomi internasional alasannya adalah investasi dari negara yang berlawanan dapat membuat stabilnya perekonomian antar dua negara
- FDI merupakan sesuatu yang penting untuk saling bertukar teknologi antar negara
- FDI dapat menciptakan perluasan perdagangan untuk membuatkan ekonomi suatu negara karena telah ada potensi untuk perusahaan dalam negeri mempromosikan produknya ke pasar internasional
Cara Melakukan Foreign Direct Investment
- Membeli perusahaan yang telah bangkit di sebuah negara, atau memperlihatkan modal untuk membangun perusahaan di sebuah negara
- Membeli saham perusahaan sebuah negara minimal 10% oleh individu atau perusahaan dari negara lain
- Membeli atau membangun konstruksi pabrik, dan pembelian tanah oleh investor luar. Bentuk kepemilikan bangunan atau tanah dari FDI ini biasanya bersifat penuh atau nyaris sarat
Alasan Foreign Direct Investment Dilakukan
Meningkatkan Keuntungan
Penjualan di tingkat internasional ialah salah satu sumber keuntungan yang terbilang tinggi daripada laba yang yang lain. Produk yang menarik dengan beberapa kelebihan yang lain menjadi alasannya luasnya penjualan sampai ke luar negeri
Mempercepat Pertumbuhan Pasar
Dengan melakukan FDI mampu menciptakan pasar bertumbuh lebih cepat dibandingkan dengan pasar lainnya. Karena FDI ialah sarana yang tepat untuk memajukan pemasaran dan laba yang dihasilkan
Menekan Biaya
Dalam FDI, perusahaan tak jarang menekan ongkos mengenai logistik barang dan jasa. Melalui FDI, lazimnya biaya tenaga kerja bernilai lebih rendah sehingga perusahaan mampu menekan ongkos produksinya yang dikarenakan jauh dekatnya lokasi buatan dengan lokasi konsumen
Menjaga Pasar Domestik
Sebuah perusahaan memiliki kemungkinan untuk masuk ke dalam pasar kompetitor atau pasar pesaing untuk melindungi pasar domestik serta melemahkan pesaing-pesaing internasional yang mempunyai potensi. Karena dengan sebuah perusahaan memasuki pasar kompetitor, perusahaan yang yang lain akan melakukan evaluasi persaingan dan saling mengamankan domestiknya sendiri dibanding fokus untuk masuk ke dalam pasar abnormal
Menjaga Pasar Mancanegara
Ketika melakukan investasi di negara lain, maka akan menimbulkan asumsi untuk menjaga pasar para pesaing lokal. Karena perusahaan yang melakukan penjualan ke sebuah negara luar perlu mempertahankan pasar tersebut untuk mengamankan pasar sendiri karena ada produk dari perusahaan tersebut di sana
Sumber harus di isi