Menciptakan Form Daftar Hadir Acara

Absensi atau daftar kehadiran yaitu formulir berisi data identitas dan validasi dengan paraf atau tandatangan seseorang yang digunakan sebagai bukti kedatangan/keikutsertaan seseorang tersebut dalam suatu program/acara. Dari segi manajemen, absensi atau daftar hadir dipakai selaku alat bukti terlaksananya sebuah aktivitas/acara untuk bahan laporan pertanggungjawaban.


Daftar hadir umumnya menampilkan data kegiatan, waktu kegiatan, jumlah akseptor, nama-nama penerima, asal entitas/instansi perusahaan dan penanggung jawab aktivitas. Dalam kamus besar, daftar hadir didefinisikan selaku : “daftar yg menyatakan kehadiran seseorang pada saban hari berguru, bekerja, dsb”.  Ternyata bergotong-royong banyak juga data yang bisa kita dapatkan dari selembar kertas ketidakhadiran/daftar hadir ya.


Sebenarnya belum ada format baku yang terstandardisasikan bentuk formulir isian daftar hadir. Di sekolah sekalipun, saya belum memperoleh ada peraturan yang menertibkan mengenai bentuk bolos kelas. Setiap orang mampu saja menggunakan idenya sendiri untuk membuat sebuah daftar sesuai dengan data yang dibutuhkannya. Namun sebagian lagi malah galau menetapkan data apa saja yang perlu dimasukkan dalam daftar hadir yang mau dibuat.


absen kehadiran acara


Dalam artikel ini saya menjajal menawarkan alternatif poin-poin apa saja yang perlu dimasukkan dalam suatu absensi atau daftar kedatangan sebuah acara.



  1. Daftar hadir harus menawarkan gosip jenis kegiatan yang dikerjakan. Misalnya coffee morning, rapat internal,kedatangan mencar ilmu, seminar perpajakan, de el el;

  2. Waktu pelaksanaan acara/program. Umumnya, waktu yang digunakan ialah tanggal, bulan dan tahun;

  3. Tempat kegiatan, misal : aula, kantor pelayanan, kelas 3ipa1, gedung pemuda;

  4. Nama dan Tanda tangan penanggung jawab pelaksanaan acara.

  5. Tabel isian berisi:



  • Nomor : diisi sesuai urutan, memperlihatkan jumlah penerima yang hadir/mengikuti acara;

  • Identitas akseptor : berisi informasi nama, jabatan, asal instansi/entitas perusahaan/sekolah, tanda tangan/paraf selaku tanda validasi;

  • Kolom informasi.


Untuk menciptakan form daftar hadir/ketidakhadiran, kita mampu memakai acara apa saja yang telah disediakan oleh Microsoft, namun saya mengusulkan untuk menciptakan form ini menggunakan Microsoft Office Excel biar lebih gampang. Jangan lupa menyediakan ruang yang cukup untuk kolom tanda tangan agar tidak bertumpuk.


Semoga berguna.



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama