Mengatasi Cursor Ngelag Di Thinkpad L421 Setelah Upgrade Windows 10

Windows 10 telah sementara waktu yang kemudian di-release, saya pun tak mau ketinggalan. Windows 7 yang sebelumnya sudah terinstall di Lenovo ThinkPad L421 sayapun segera aku upgrade menjadi Windows 10.


Saya suka tampilan Windows 10 yang lebih segar dan terbaru. Saya juga suka fitur install driver secara otomatis pada Windows 10 sehingga saya tidak perlu menginstall driver satu per satu. Lenovo punya tool untuk memudahkan instalasi driver, yaitu metode update, saat aku coba di Windows 10 tinggal beberapa driver saya yang perlu diinstall, artinya sebagian besar driver sudah ditawarkan Windows 10.


Masalah yang saya hadapi saat menggunakan Windows 10 di Lenovo ThinkPad L421 adalah cursor yang sering nge-lag, padahal secara tata cara tidak hang. Saat sedang mengoperasikan Ms. Office misalnya, datang-datang cursor tak maubergerak untuk beberapa ketika. Awalnya saya kira yang menciptakan error yakni driver Realtek. Sebagaimana berita yang saya baca di internet, ada software bawaan driver Realtek yang kurang kompatibel dengan Windows 10, yakni fmapp.exe. Namun setelah saya cari ternyata file fmapp.exe tidak ada di laptop saya, kemungkinan Windows 10 hanya menginstall driver realtek saja tanpa fmapp.exe. Meskipun fmapp.exe tidak ada, tetapi cursor aku masih sering nge-lag.


Saya coba cari lagi internet, dan alhasil ketemu juga penyelesaian untuk mengatasi cursor yang nge-lag di Windows 10. Masalahnya berasal dari setting touchpad, yaitu pada Palm Check yang disetting Maximum. Agar tidak nge-lag Palm Check disetting ke Minimum.


Step by Step


Untuk mengakses Palm Check ikuti tindakan berikut ini:



  1. Buka SETTING > DEVICE > MOUSE & TOUCHPAD. Setelah itu pilih Additional Mouse Options di bagian paling bawah.

  2. Setelah timbul Mouse Properties, pilih tab UltraNav lalu klik Setting pada bagian TouchPad.Mengatasi Cursor Ngelag di ThinkPad L421 Setelah Upgrade Windows 10

  3. Pada TouchPad Properties klik pada SmartCheck Setting. Lalu klik pada PalmCheck untuk mengganti dari Maximum ke Minimum.Mengatasi Cursor Ngelag di ThinkPad L421 Setelah Upgrade Windows 10


Selamat menjajal .



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama