10+ Acuan Invoice Tagihan Penjualan Jasa Dan Barang Yang Baik Dan Benar



Contoh Invoice Tagihan – Invoice atau faktur adalah dokumen yang dibuat oleh pejual terhadap pembeli berbentukcatatan nilai nominal.





Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, faktur atau invoice yakni daftar barang kiriman yang dilengkapi informasi nama, jumlah dan harga yang harus dibayar.





nvoice mempunyai berbagai jenis, mulai dari tagihan, pembayaran, pemasaran dan sebagainya. Berikut ini yaitu Contoh Invoice Penagihan yang bisa anda pakai.





1. Contoh Invoice Tagihan





Invoice tagihan berisi daftar barang, jumlah barang, harga serta total yang mesti dibayar oleh pembeli. Dibawah ini adalah acuan invoice Penagihan.





contoh invoice tagihan perorangan




Beberapa poin penting yang mesti ada dalam invoice tagihan, adalah :





  1. Cantumkan identitas pedagang yang berbentuknama perusahaan, alamat perusahaan dan nomor kontak perusahaan
  2. Cantumkan identitas pembeli atau tujuan yang hendak dikenakan tagihan
  3. Cantumkan tanggal transaksi
  4. Nomor faktur atau invoice harus tertera sesuai dengan nomor yang berlaku
  5. Nama salesman juga dicantumkan kalau perlu
  6. Buat daftar rincian barang yang dibeli pelanggan dengan rincian. Termasuk di dalamnya deskripsi barang, kuantitas barang yang dibeli, harga satuan, diskon, serta total harga keseluruhan yang harus dibayar oleh pembeli
  7. Jika ada, cantumkan pula total pajak yang harus dibayar serentak dengan total harga barang
  8. Sertakan tujuan pembayaran bagi pembeli atau customer yang dapat berbentuknomor rekening bank yang dituju
  9. Sediakan kolom tanda tangan pembeli atau peserta barang sesuai dengan invoice yang berlaku
  10. Jika ada catatan komplemen, cantumkan di bab bawah invoice, contohnya keterangan bahwa barang yang sudah dibeli tidak mampu dikembalikan atau ucapan terimakasih terhadap pelanggan yang sudah melakukan transaksi.
  11. Jika dibutuhkan, tanda lunas dari cap, stempel atau logo dari komputer juga dapat disertakan diatas invoice untuk pertanda bahwa tagihan sudah dilunaskan oleh pembeli/customer.








2. Contoh Invoice Jasa yang bagus dan benar





Invoice jasa ialah invoice yang dikeluarkan untuk pembayaran jasa, misalnya mirip jasa penerjemahan, rancangan, pembinaan, jasa pengiriman dan bentuk jasa lainnya.





Invoice jasa lebih sederhana daripada invoice penjualan barang. Berikut ini acuan invoice jasa penerjemahan dokumen resmi yang dijumlah ongkosnya secara rinci (perkata).





Sebaiknya, jasa penerjemahan mirip ini memiliki harga niscaya yang telah ditentukan, sehingga biaya yang mesti dibayarkan oleh pembeli juga terperinci dan detail.Contoh Invoice Tagihan Jasa





contoh invoice jasa




Hal-hal yang harus ada pada invoice jasa yakni :





  1. Identitas penyuplaijasal yang berbentuknama perusahaan, alamat perusahaan dan nomor kontak perusahaan. Jika ada, sematkan logo perusahaan.
  2. Identitas pengguna jasa atau klien, yang berupa nama dan alamat atau institusi (jika ada) – pola teladan invoice tagihan
  3. Tanggal invoice dikeluarkan serta tenggat waktu pembayaran
  4. Detail produk jasa yang diberikan, jumlah (jika ada), harga jasa serta total ongkos jasa yang harus dibayar oleh pengguna jasa atau klien
  5. Jika ada catatan perhiasan, sematkan di bab bawah invoice.








3. Contoh Invoice atau faktur Format Excel





Invoice juga dapat dibentuk dengan aplikasi Microsoft Excel dengan langkah sederhana dan mudah. Berikut Contoh Invoice Excel.





contoh invoice excel yang baik dan benar




Pada dasarnya, pembuatan invoice di excel sama dengan layout invoice yang lain.





Namun dengan menggunakan software Microsoft Excel, pedagang atau pembuat invoice mampu dengan gampang menyertakan kolom-kolom yang diperlukan tanpa perlu mengganti pengaturan layout invoice secara keseluruhan seperti Zahir Accounting.









4. Contoh Invoice Tagihan atau faktur Pembayaran





contoh invoice pembayaran




Invoice pembayaran dikeluarkan sehabis pembeli atau customer melakukan pembayaran, baik secara lunas maupun sebagian. Invoice ini sebagai menunjukan bahwa sudah ada transaksi pembayaran yang sudah dilakukan oleh pembeli/customer.





Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan invoice pembayaran secara otomatis sesaat sesudah pembayaran dilakukan oleh customer.





Contohnya, perusahaan penyuplaitiket online, toko online, maskapai penerbangan serta perusahaan lainnya yang sudah mengintegrasikan sistem transaksinya secara online.





5. Contoh Invoice Format MS Word





contoh invocei microsoft word yang baik dan benar




Sesuai dengan namanya, invoice word dibentuk dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word yang sampai saat ini sudah lazim digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan menggunakan Microsoft Word, pengerjaan invoice menjadi lebih gampang dengan template yang sudah ada.





Perusahaan atau pembuat invoice hanya perlu untuk mengisi rincian Contoh invoice tagihan diatas template word yang telah ada.









6. Contoh Invoice atau faktur Penjualan Sederhana





contoh faktur pembayaran sederhana




Invoice penjualan sederhana mampu dibentuk secara otomatis memakai komputer atau ditulis manual dengan buku invoice yang telah dicetak sebelumnya.





Isi dari invoice ini masih sesuai dengan persyaratan, tetapi dengan template yang lebih sederhana. gambar diatas ialah pola dari invoice penjualan sederhana.





7. Contoh Invoice Hotel





Contoh Invoice Hotel ialah invoice yang dikeluarkan oleh pihak hotel atas reservasi kamar atau layanan yang lain yang dilaksanakan oleh tamu hotel.





Biasanya, invoice hotel diberikan sesudah tamu hotel melaksanakan check out dan melakukan pembayaran. Berikut contoh dari invoice hotel.





contoh faktur hotel yang baik dan benar




Hal-hal yang harus tercantum pada invoice hotel adalah :





  1. Detail hotel berbentuknama, alamat, nomor kontak, website dan email resmi (bila ada)
  2. Nomor invoice dan tanggal invoice dikeluarkan
  3. Nama tamu hotel yang menginap atau memakai jasa hotel
  4. Detail kamar dan jasa yang digunakan oleh tamu
  5. Jumlah kamar, barang atau jasa
  6. Pajak yang berlaku
  7. Total harga yang harus dibayar oleh tamu hotel
  8. Jika ada catatan pelengkap, cantumkan di bab bawah invoice
  9. Jika dibutuhkan, cap atau stempel LUNAS atau PAID dapat disertakan diatas invoice untuk menerangkan bahwa tamu hotel sudah membayar tagihan secara lunas.








8. Contoh Invoice Dalam Bahasa Inggris





Perusahaan-perusahaan multinasional maupun internasional lazimnya mengeluarkan invoice dalam bahasa inggris.





Hal itu dikarenakan banyak klien atau customer yang berasal dari luar negeri sehingga bahasa inggris digunakan untuk mampu berkomunikasi dengan baik. Berikut teladan dari invoice dalam bahasa inggris.





contoh invoice dalam bahasa inggris




9. Contoh Invoice Pelunasan





Invoice pelunasan dikeluarkan oleh perusahaan bila klien atau pembeli sudah melaksanakan pelunasan tagihan barang atau jasa yang telah diberikan sebelumnya. Berikut acuan invoice pelunasan.





contoh faktur pelunasan yang baik dan benar




Isi invoice pelunasan masih sama dengan invoice kebanyakan, namun yang perlu dikenang bahwa invoice ini hanya dikeluarkan sesudah seluruh tagihan dinyatakan lunas.





Biasanya perusahaan yang mengeluarkan invoice, menambahkan cap atau stempel dengan tulisan LUNAS untuk menunjukan bahwa seluruh tagihan telah lunas pada tanggal tertentu.





Tanggal pelunasan tagihan juga perlu dicantumkan.





10. Contoh Invoice Barang





Invoice barang yaitu invoice yang dikeluarkan dalam transaksi barang. Umumnya, invoice ini dikeluarkan sehabis pembeli melaksanakan reservasi yang berupa barang. Contoh invoice barang ada pada gambar dibawah ini.





contoh faktur barang yang baik dan benar




Invoice tersebut memberikan pembuat invoice dan penerima invoice lengkap dengan data tambahannya.





Selain itu, order atau reservasi yang dilakukan juga dicantumkan secara detail. Total pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli tercantum dengan terperinci beserta nomor rekening pembayaran.





Jenis Jenis invoice





Menurut Fenoza invoice atau faktur terbagi atas jenis, penjelasannya yakni seperti di bawah ini.





1. Invoice Biasa





Invoice biasa adalah invoice yang umumnya digunakan ketika melakukan transaksi sederhana pada kehidupan sehari-hari.





Isi dari invoice ini sangat sederhana dan di berikan kepada pembeli selama transaksi tersebut berlangusng secara biasa .





2. Invoice Proforma





Invoice proforma adalah jenis invoice atau faktur yang bersifat sementara atau jangka pendek diberikan kepada pelanggan sebelum penjual menyerahkan secara total barang yang dibeli oleh pelanggan tersebut.





Penjabarannya kedua pihak tersebut menggunakan invoice tersebut sebagai pengganti sementara sebab barang yang dipesan oleh pembeli dikirimkan secara bertahap atau terpisah.





Si pembeli akan melakukan pembayarannya menggunakan invoice proforma tersebut nantinya. Karena konsumen membeli barang tersebut berdasarkan invoice proforma, akan tetapi barangnya tersebut belum sepenuhnya diterima secara keseluruhan.





Nah, bila semua barang yang dipesan sudah diterima oleh si pembeli secara sarat ,





maka penjual akan memberikan invoice lazimselaku pengganti dari invoice proforma tersebut.





3. Invoice Konsuler





Invoice konsuler ialah invoice atau faktur khusus yang dipakai dalam menyelenggarakan jual beli internasional atau umumkita kenal ungkapan ekspor dan impor.





jenis invoice konsuler ini mesti ada pengukuhan dan kesepakatan dari perwakilan negara yang mengimpor yakni jual beli, kantor konsuler dan kedutaan besar negara pengimpor yang berada di negara pengekspor.





Tips Jitu Menulis Contoh Invoice Agar Cepat Dibayar





Ada beberapa kiat yang mampu kau lakukan biar si pembeli secepatnya membayar dari faktur yang telah kau berikan atau kirim. SImak di bawak ini..





1. Pastikan Invoice Pembayaran Praktis Pahami





Usahakan kau menulis informasi perihal daftar barang secara lengkap dan rinci, mulai dari nama barangnya tersebut, ukurannya, bahannya, jenisnya hingga deskripsi barang tersebut jika memang diperlukan.





Hal ini bertujuan semoga pelanggan mudah dalam mengindentifikasi barang apa saja yang telah dia pesan.





Dengan demikian, para pelanggan akan mengenang dan akan bersegera melunasi tagihannya. Sertakan juga





logo atau lambang perusahaan kau pada invoice atau faktur tersebut Biasanya dengan memasang logo perusahaan di invoice pelanggan akan gampang mengenali anda





dan juga menanggap bahwa perusahaan anda yaitu perusahaan yang profesional.





2. Metode Pembayaran Praktis dan Simpel





Terkadang yang menciptakan lamanya konsumen mengeluarkan uang tagihan invoice kamu yaitu terletak pada sistem pembayaran yang di ajukan kepadanya.





Usahakan memberi beberapa sistem pembayaran, biar si calon pembeli tidak merasa kewalahan untuk secepatnya melunasi tagihannya.





Jika tidak, ada kemungkinan mereka akan malas untuk mengeluarkan uang dan hasilnya pembayarannya menjadi tertunda-tunda.





3. Mengirimkan Invoice Pada Orang yang Tepat





Poin ketiga yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih orang yang akan mengantarkan invoice kepada sang pembeli.





Jangan sampai anda menentukan orang yang tidak bertanggung jawab dan sering melewatkan tugasnya dalam mengirimkan invoice tersebut terhadap pembeli.





Akhirnya invoice usang atau bahkan tidak diproses sama sekali. Karenanya usahakan menentukan orang yang memang bertanggung jawab dalam melakukan tugasnya utamanya duduk perkara pembayaran.





Usahakan juga berikan invoice hanya kepada segelintir orang saja biar lebih efektif dan efisien





4. Jangan Menunda – nunda





Apabila barang yang dipesan konsumen telah dipastikan sampai di tangannya, eksklusif segera kirimkan invoice penagihannya.





Contoh: anda barang telah berada di tangan konsumen pada hari senin, maka segera kirimkan invoicenya, janganlah menanti sampai hari sabtu untuk mengirimkan invoice penagihan kepadanya.





Kalau mampu langsung pada hari pengantaran sudah sampai juga invoice diantarkan ke konsumen. Dengan begitu konsumen mampu segera untuk secepatnya melunasi tagihannya.





5. Percepat Jangka Waktu Invoice





Cara lain yang lebih efektif yaitu dengan mempercepat rentang waktu invoice tersebut.





Misal, anda menginginkan bahwa jatuh tempo selesai pembayaran invoice yaitu dalam waktu satu bulan.





Nah, supaya pelanggan tidak menangguhkan -nunda, anda mampu memberi keterangan jatuh tempo berlaku cuma 25 hari atau 3 ahad.





Dengan demikian, ditentukan pelanggan akan senantiasa ingat dan kemungkinan kecil tidak ada ketelatan untuk mengeluarkan uang tagihan tersebut.





6. Mengingatkan Kembali Konsumen





Apabila pembayaran invoice telah jatuh temponya dan pelanggan masih belum melunasinya, maka anda harus segera menghubunginya.





Terkadang konsumen sibuk dengan urusannya, hingga ia lupa akan tagihan invoicenya, hal ini masih bisa dipertimbangkan.





Namun akan menjadi masalah jikalau pelanggan tersebut lupa dan parahnya ia menghilangkan invoicenya.





Apabila sudah melebihi waktu jatuh tempo, segeralah hubungi pembeli biar secepatnya melunasi tagihannya





Download Contoh Invoice





Untuk anda yang ingin mendownload Contoh Contoh Invoice atau Template Invoice dalam bentuk Microsoft Word DOCX atau EXCEL silahkan Klik Disini





Penutup





Demikianlah pembahasan wacana faktur atau invoice. Kita tadi membahas perihal contoh invoice, tujuan invoice, dan beberapa jenis jenis invoice dan tips. Aplikasi Invoice





Demikian postingan yang membicarakan tentang Contoh Invoice Tagihan atau Faktur Penagihan yang bisa anda gunakan dalam bisnis anda sehari hari.





Semoga bermanfaat dan mohon maaf atas kesalahan,..



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama