Menciptakan Form Pendaftaran Online Dengan Google Form

Saat ini kita niscaya sudah tidak aneh lagi dengan perumpamaan Pendaftaran Online atau Registrasi Online. Bahkan saat ini pendaftaran sekolah juga memakai metode online. Tentu saja ada yang setuju dan tidak setuju karena memang sistem online seperti ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya misalnya, input data yang lebih cepat, menghemat risiko kesalahan penulisan karena diisi sendiri oleh pendaftar dan tidak ada proses input data secara manual oleh panitia. Sedangkan kekurangannya agak menyibukkan bagi masyarakat yang jauh dari jangkauan internet dan tidak bisa mengakses internet. Saya kali ini tidak akan membicarakan tentang itu, aku akan menerangkan bagaimana cara membuat form registrasi online tanpa mesti memiliki situs web, domain, atau keahlian di bidang web programing. Satu-satunya yang diharapkan adalah akun Google alasannya kita akan memakai Google Form.


Google Form yakni alat yang berkhasiat untuk membantu Anda menyiapkan acara, mengantarsurvei, memperlihatkan siswa kuis, atau menghimpun informasi lain secara mudah dan efisien. Informasi yang sudah diinput oleh koresponden secara otomatis mampu dikompilasi ke dalam spreadsheet Google untuk berikutnya dimasak menggunakan Google Docs atau Microsoft Office.


Untuk membuat sebuah form menggunakan Google Form, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Pertama-tama Anda harus login ke akun Gmail dan masuk ke Google Drive.


2. Klik Create > Form. Selanjutnya berikan judul untuk form yang mau dibuat serta pilih tema yang Anda senangi.


Membuat Google FormMembuat Google Form 2


3. Setelah memilih nama dan tema, saatnya menciptakan daftar pertanyaan yang ditampilkan pada form registrasi. Misalnya Nama Lengkap, Nama Depan, Nama Belakang, Alamat, Tempat dan Tanggal Lahir, dsb. Klik Done jikalau sudah final membuat satu pertanyaan.


Membuat Google Form 3


4. Untuk menambah pertanyaan klik Add Item. Ada banyak opsi model pengisian form, dropdown, cek list, paragraf, date, time, dsb.


Membuat Google Form 4


5. Jika semua pertanyaan sudah diinput, maka tinggal klik Send Form di bab bawah untuk mendapatkan link url, instruksi embed, atau langsung share ke Facebook, Twitter, atau Google+.


Membuat Google Form 8


6. Untuk membuat data langsung dikompilasi menjadi sebuah file Google Docs, pilih Choose Destination Response. File tersebut dapat Anda olah langsung di Google Docs maupun di download menjadi file excel.


Membuat Google Form 5


7. Beralih ke tab Google Drive, disana telah ada file baru dengan nama Form Pendaftaran (Responses). File tersebut berisi kolom-kolom sesuai urutan pertanyaan yang Anda buat.


8. Jika Anda lupa link Form yang Anda buat, bisa Anda buka melalui Google Drive, klik kanan pada file Form Pendaftaran, klik kanan, Share > Share.


Selamat menjajal memakai Google Form.



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama